Solusi Pembatasan Penayangan Iklan AdSense 2019

3 min read

Pembatasan Iklan AdSense

Solusi Pembatasan Penayangan Iklan AdSense 2019 – Bulan lalu, tepatnya pada pertengahan September 2019, sedang ramai dibahas tentang peraturan baru Google AdSense, yakni pembatasan iklan pada akun AdSense yang dituduh melakukan pelanggaran.

Hal tersebut membuat banyak blogger panik dan bingung, karena yang terkena imbas dari peraturan ini bukan hanya pemain blackhat, namun pemain whitehat-pun juga ikut kena imbasnya. Saya pun juga ikut “tertuduh” melalukan pelanggaran, sehingga iklan saya tidak tayang, alias dibatasi.

Biasanya, tuduhan pelanggaran yang diterima ada dua, yakni “Konten Tidak Berkualitas“, yang berarti mungkin blog Anda memiliki konten yang sedikit, copy paste, atau AGC content. Selanjutnya karena “Trafik Tidak Sah“, yang berarti traffic utama yang Anda dapatkan tidak murni berasal dari pencarian organik, melainkan dari tempat lain. Seperti paid traffic, Facebook, YouTube, Refferal, dan lainnya.

Solusi Iklan Dibatasi

Untuk penyelesaian masalah penayangan iklan dibatasi sebenarnya ada beberapa metode, hal ini tentu disesuaikan dengan penyebab mengapa Anda mendapatkan email pelanggaran tersebut. Untuk itu, mari kita bahas sesuai dengan penyebabnya.

Konten Tidak Berkualitas

Google sudah pasti mengetahui konten semua publisher-nya, karena sebelum dia menerima permohonan pendaftaran, mereka akan review semua situs para pemohonnya. Google biasanya menolak blog yang memiliki konten negatif, copy paste, AGC, dan lain sebagainya. Namun terkadang, mereka-mereka ini juga bisa lolos saat pendaftaran. Nah, karena ada peraturan baru pada bulan September 2019 tersebut, dipastikan 100% blog mereka itu akan dibatasi penayangan iklannya.

Bagi Anda yang terkena limit penayangan atau pembatasan iklan AdSense karena masalah konten, ada beberapa info dari saya yang mungkin bisa mengatasi masalah tersebut, diantaranya:

  • Usahakan membuat artikel ORIGINAL dengan minimal 300 kata, dan jangan memasang gambar terlalu banyak.
  • Revisi artikel copy paste yang Anda punya, kalau bisa Anda bisa me-rewrite artikel tersebut agar terlihat lebih unique.
  • Jangan memasang iklan yang menutupi konten.

Setelah Anda revisi masalah konten artikelnya, ada hal yang sangat saya rekomendasikan untuk Anda lakukan, diantaranya:

  • Membuat unit iklan baru di AdSense, dan pasang di widget blog Anda.
  • Posting artikel berkualitas sekali perhari secara rutin.

Lakukan hal tersebut hingga seminggu, biasanya notifikasi iklan dibatasi akan hilang dengan sendirinya. Apabila dalam sebulan iklan tetap tak kunjung muncul, yang harus Anda lakukan adalah Daftar Ulang AdSense dengan email baru. Metode ini 80% bisa berhasil dilakukan, dengan syarat Anda sudah mengikuti langkah-langkah yang tadi saya sebutkan.

Trafik Tidak Sah

Faktor kedua iklan Anda dibatasi adalah karena invalid traffic atau trafik blog Anda yang tidak sah. Tuduhan ini yang paling banyak diterima oleh para blogger, baik blogger blackhat maupun whitehat, baik para blogger newbie maupun para blogger yang sudah berpengalaman. Saya sendiri juga mendapatkan pembatasan iklan karena trafik tidak sah, padahal blog saya memiliki page visitor sekitar 15K stabil perharinya dan 95% berasal dari Organic Search Engine.

Hal tersebut sangat membuat saya bingung dan panik. Padahal saya bermain jujur dan semua asal pengunjung berasal dari pencarian organik. Sepertinya bukan saya sendiri pemain whitehat yang mendapatkan kejadian ini. Saya pernah lihat diskusi di grup Blogger, rupanya juga banyak pemain jujur yang kena imbasnya. Karena tuduhan trafik tidak sah, penghasilan saya drop hingga 98%.

Beberapa alasan mengapa Anda kena tuduhan invalid traffic antara lain sebagai berikut:

  • Trafik utama yang bukan berasal dari pencarian organik.
  • Aktifitas klik yang tidak sah.
  • Memancing para pengunjung untuk klik iklan Anda.
  • Terlalu berlebihan dalam membagikan link ke sosial media.
  • Trafik blog yang sepi.

Mungkin itu saja beberapa penyebab yang saya ketahui, untuk solusinya Anda bisa baca di bawah ini. Bisa menyesuaikan dengan masalah yang kira-kira jadi penyebab Anda tertuduh terkait invalid traffic.

  • Usahakan mencari pengunjung dari pencarian organik, Anda bisa mempelajari SEO secara lengkap untuk bisa mendapatkan trafik organik. Sebaiknya Anda hindari mencari visitor dari Sosial Media.
  • Jangan memasang iklan di tempat yang membingungkan para visitor. Seperti terlihat sama dengan tombol, atau berdekatan dengan gambar, dan lainnya.
  • Jangan menyuruh para pengunjung untuk klik iklan Anda, karena ini berpotensi sangat besar Google akan banned akun Anda.
  • Lebih baik jangan memasang iklan AdSense jika trafik blog Anda masih sepi, saya sarankan memakai iklan provider lain agar tidak mendapatkan peraturan yang ketat seperti Google Ads.

Setelah beberapa saran dan solusi di atas Anda lakukan, hal yang saya rekomendasikan untuk Anda coba adalah sebagai berikut:

  • Membuat unit iklan baru di AdSense, dan pasang di widget blog Anda.
  • Posting artikel berkualitas sekali perhari secara rutin.

Tertuduh

Bagi Anda yang memiliki blog dengan trafik yang lumayan bagus dan dipenuhi artikel berkualitas, namun tetap mendapatkan pelanggaran invalid traffic, ada sedikit saran dari saya. Metode ini sudah saya buktikan berhasil, karena berasal dari pengalaman saya sendiri. Yang dimana saya memiliki blog dengan trafik stabil di angka 15 ribu perharinya dan konten yang berkualitas, namun tetap kena pelanggaran trafik tidak sah.

Langkah-langkah yang saya lakukan adalah dengan cara langsung Daftar Ulang AdSense dengan memakai email baru. Pasti Anda berpikir, “Sama aja bohong, nanti juga ribet harus verifikasi PIN, Identitas, dan Rekening”. Yap, hal ribet tersebut pasti akan saya lakukan dikarenakan memakai akun baru. Saya memakai metode ini karena tidak ingin waktu saya terbuang sia-sia dengan penghasilan 0 rupiah perhari saat menunggu review ulang akun yang kena pelanggaran.

Penutup

Saya kira sudah cukup artikel yang saya buat hari ini, mengenai informasi penyebab dan solusi terkait pembatasan iklan AdSense. Mudah-mudahan pengalaman saya tersebut bisa membantu Anda mengatasi masalah yang cukup membuat khawatir para publisher. Maaf di blog pribadi ini saya tidak membuka sesi tanya jawab, jika ada pertanyaan sobat bisa langsung hubungi Facebook saya disini. Sekian dari saya, wassalamualaikum wr. wb.,